X-SEMPAKA



 
BerandaBlogPortalIndeksMilisWebBeritaGalleryCalendarFAQPencarianGroupAnggotaLoginPendaftaran
PARA ALUMNI SD | SMP | SMA KATOLIK BANJARMASIN SILAHKAN BERGABUNG DI FORUM KOMUNIKASI INI ...
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
X SEMPAKA MAIL
Real Time Clock




ARAHKAN POINTER KE JAM
UNTUK MELIHAT TANGGAL


THE COSMIC AESTHETICS
12:34:56 07/08/09
09:09:09 09/09/09
11:10:09 11/10/09


Latest topics
» Kamis, 5 September 2013 Hakim-hakim 9:50-57
Thu 05 Sep 2013, 10:39 by dickyhendra

» FRESH JUICE 5 September 2013
Thu 05 Sep 2013, 10:38 by dickyhendra

» DAILY GPS 5 September 2013
Thu 05 Sep 2013, 10:37 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Kamis, 5 September 2013
Thu 05 Sep 2013, 10:36 by dickyhendra

» Doa Hari Kamis, 5 September 2013
Thu 05 Sep 2013, 10:35 by dickyhendra

» FRESH JUICE 4 September 2013
Wed 04 Sep 2013, 12:05 by dickyhendra

» DAILY GPS 4 September 2013
Wed 04 Sep 2013, 12:04 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Rabu, 4 September 2013
Wed 04 Sep 2013, 12:03 by dickyhendra

» Doa Hari Rabu, 4 September 2013
Wed 04 Sep 2013, 12:02 by dickyhendra

» Lagu ayah bunda 3 September 2013
Tue 03 Sep 2013, 10:26 by dickyhendra

» FRESH JUICE 3 September 2013
Tue 03 Sep 2013, 10:24 by dickyhendra

» DAILY GPS 3 September 2013
Tue 03 Sep 2013, 10:23 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Pw. St. Gregorius Agung, PausPujG Selasa, 3 September 2013
Tue 03 Sep 2013, 10:21 by dickyhendra

» Doa Hari Selasa 3 September 2013
Tue 03 Sep 2013, 10:21 by dickyhendra

» FRESH JUICE 2 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:15 by dickyhendra

» DAILY GPS 2 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:14 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Senin, 2 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:13 by dickyhendra

» Doa Hari Senin 2 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:12 by dickyhendra

» FRESH JUICE 1 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:10 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Minggu, 1 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:09 by dickyhendra

» Doa Hari Minggu, 01 September 2013
Mon 02 Sep 2013, 11:08 by dickyhendra

» DAILY GPS 31 Agustus 2013
Sat 31 Aug 2013, 19:38 by dickyhendra

» SATU UNTUK SEMUA
Sat 31 Aug 2013, 19:37 by dickyhendra

» Resep Kue Pernikahan Langgeng
Sat 31 Aug 2013, 19:36 by dickyhendra

» FRESH JUICE 31 AGUSTUS 2013
Sat 31 Aug 2013, 19:35 by dickyhendra

» Ign 31 Agustus 2013
Sat 31 Aug 2013, 19:34 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Sabtu, 31 Agustus 2013
Sat 31 Aug 2013, 19:33 by dickyhendra

» Doa Hari Sabtu, 31 Agustus 2013
Sat 31 Aug 2013, 19:32 by dickyhendra

» Pesan Bapa Suci Benediktus XVI kepada Orang Muda Sedunia 2013
Wed 24 Jul 2013, 11:08 by dickyhendra

» DAILY GPS 24 Juli 2013
Wed 24 Jul 2013, 10:55 by dickyhendra

» Ign 24 Juli 2013
Wed 24 Jul 2013, 10:53 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Rabu, 24 Juli 2013
Wed 24 Jul 2013, 10:52 by dickyhendra

» Doa Hari Rabu, 24 Juli 2013
Wed 24 Jul 2013, 10:51 by dickyhendra

» Selasa, 23 Juli 2013 Hari Biasa Pekan XVI
Tue 23 Jul 2013, 10:23 by dickyhendra

» FRESH JUICE 23 JULI 2013
Tue 23 Jul 2013, 10:17 by dickyhendra

» DAILY GPS 23 Juli 2013
Tue 23 Jul 2013, 10:16 by dickyhendra

» Selasa, 23 Juli 2013 Keluaran 30:11-16
Tue 23 Jul 2013, 10:15 by dickyhendra

» Ign 23 Juli 2013
Tue 23 Jul 2013, 10:14 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Selasa, 23 Juli 2013
Tue 23 Jul 2013, 10:13 by dickyhendra

» Doa Hari Selasa, 23 Juli 2013
Tue 23 Jul 2013, 10:13 by dickyhendra

» Rabu, 17 Juli 2013 Hari Biasa Pekan XV
Wed 17 Jul 2013, 10:32 by dickyhendra

» FRESH JUICE 17 JULI 2013
Wed 17 Jul 2013, 10:28 by dickyhendra

» DAILY GPS 17 Juli 2013
Wed 17 Jul 2013, 10:27 by dickyhendra

» Ign 17 Juli 2013
Wed 17 Jul 2013, 10:26 by dickyhendra

» RH MUTIARA IMAN Rabu, 17 Juli 2013
Wed 17 Jul 2013, 10:25 by dickyhendra

» Doa Hari Rabu, 17 Juli 2013
Wed 17 Jul 2013, 10:24 by dickyhendra

» Selasa, 16 Juli 2013 Hari Biasa Pekan XV
Tue 16 Jul 2013, 09:49 by dickyhendra

» FRESH JUICE 16 JULI 2013
Tue 16 Jul 2013, 09:48 by dickyhendra

» Are You Only Fooling Yourself? by Rick Warren 16 Juli 2013
Tue 16 Jul 2013, 09:47 by dickyhendra

» Ign 16 Juli 2013
Tue 16 Jul 2013, 09:46 by dickyhendra

Navigasi


ALAMAT INET X SEMPAKA

www.xsempaka.web.id
blog.xsempaka.web.id
portal.xsempaka.web.id
forum.xsempaka.web.id
milist.xsempaka.web.id
mail.xsempaka.web.id
docs.xsempaka.web.id
cald.xsempaka.web.id
user.xsempaka.web.id
web.xsempaka.web.id



[ click to toggle ]

 mencakup situs utama,
 portal, forum, dan blog

 Komunitas
 ForKom X SEMPAKA [ ini ]
 KOSTER Indonesia
 ForKom EX MENWA UI
 ForKom Alumni FMIPA UI
 Forum Fisika
 Komunitas 19
 dll.

 Perusahaan
 MegaMall BC
 Brilliant GI
 BMW CC Services
 dll.

 Personal
 Achmad Firwany
 dll.

 Internet Presence Provider
 TESQscape

E-MAIL ALUMNI SEMPAKA
daftar dan periksa disini
provided and supported by :
powered by :

Top posters
dickyhendra (1446)
 
Administrator (157)
 
jaffersons (20)
 
iPad2covers (8)
 
pemurniandunia (3)
 
TESQSCAPE (2)
 
Statistics
Total 37 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah gosiantoboy

Total 1636 kiriman artikel dari user in 1523 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 29 pada Mon 03 Jun 2013, 17:00
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
March 2017
SunMonTueWedThuFriSat
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar
Berita Terkini
Provided By :
Administrator Forum X-SEMPAKA


Provided By :
Administrator Forum X-SEMPAKA


Provided By :
Administrator Forum X-SEMPAKA
MILIS X -SEMPAKA

Untuk yang sudah bergabung



klik ikon diatas ini untuk
melihat pesan e-mail terakhir!



Untuk yang belum bergabung



klik ikon diatas ini untuk
menjadi anggota milis.
Internet Banking
Iklan

Share | 
 

 TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Administrator
Administrator
Administrator
avatar

Male
Banyak Pemposan : 157
Reputasi : 0
Poin : 5802
Sejak : 02.12.07
Alumni | Tahun : SMAK 1970—1972
Profesi | Pekerjaan : IT Consultant
Alamat Domisili : Sawangan, Parung, Depok

PostSubyek: TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0   Tue 30 Jun 2009, 14:03

KASUS PRITA DAN TEKNOLOGI MARKETING 2.0



FaceBook.com


Senin, 8 Juni 2009 | 09:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia maya, kata kunci ”prita mulyasari” dan ”rs omni” kini sedang populer di mesin pencari. Kasus keluhan konsumen lewat e-mail pribadi itu memang memilukan yang berujung pada penahanan Prita Mulyasari. Terlepas siapa yang paling benar, dari pengalaman ini, tak ada pihak yang diuntungkan.

Prita Mulyasari (32), seperti terlihat di televisi, terguncang akibat penahanan ini. Pihak rumah sakit, di mata mesin pencari seperti Google dan Yahoo!, gugatan untuk menegakkan nama baik itu berbalik 180 derajat dari harapan.

Buka saja Google dan masukkan kata kunci ”rumah sakit omni internasional”. Hitung berapa komentar positif dan komentar negatif di situ.

Google sebagai mesin pencari favorit telah mengindeks ribuan dan mungkin nanti bisa jutaan kecaman. Tak ada harapan bisa memulihkan kecaman itu menjadi pujian. Mesin pencari akan abadi menyimpan arsip itu.

Jadi, selamat datang di dunia marketing 2.0. Kasus ini mengindikasikan, publik Indonesia ternyata melek internet dan siap menyongsong era baru. Suka atau tidak, bahasa baru marketing telah datang dan efektif bekerja.

Dimotori para netter dan anggota situs jejaring sosial, terutama Facebook, tampak nyata sifat dari marketing 2.0. Jeritan satu e-mail itu berkumandang di jutaan komentar dukungan pada Prita. RS Omni Internasional yang tak aktif di dunia jejaring sosial diasosiasikan sebagai ”orang luar”.

Teknologi marketing tak lagi menggunakan media konvensional. Marketing 2.0 justru bertumpu pada basis ”dari mulut ke mulut”.

Pemerhati marketing 2.0, Paul Beelen (www.paulbeelen.com), mengingatkan, tradisi word of mouth ini lebih berkuasa karena didukung para netter.

Mulut yang dimaksud adalah teknologi web atau menurut istilah pakar internet, Tim O’Reilly, sebagai web 2.0 yang merupakan generasi terbaru teknologi web interaktif seperti situs jejaring sosial, blog, RSS, dan lain-lain.

Kini, paradigma baru bukan lagi publikasi dari perusahaan, melainkan partisipasi publik. Jutaan orang merelakan waktu berjam-jam nongkrong di situs jejaring sosial untuk berbagi.

Data Nielsen NetView April 2009 menyebutkan, waktu yang dibutuhkan bersosialisasi di jejaring sosial nomor satu, Facebook, naik 700 persen dibandingkan dengan April tahun lalu. Twitter yang tahun lalu traffic-nya nomor lima setelah Facebook, MySpace, Blogger, dan Tagged, waktu yang dihabiskan user naik fantastis 3.712 persen daripada tahun lalu.


Ruang ”web”

Marketing 2.0 tak lagi menonjolkan iklan konvensional di publicsphere yang strategis, melainkan penetrasi websphere pada situs web dengan traffic tinggi. Tak hanya mengandalkan pembuat naskah iklan, melainkan pakar-pakar SEO atau Search Engine Optimization ulung.

Ahli marketing 2.0, Don Thorson, lewat situs donthorson.com menekankan materi iklan tak lagi sentralistik dari manajemen yang disaring humas ke konsumen. Materi marketing 2.0 beragam, bisa berasal dari siapa pun.

Humas tak punya kontrol atas iklan yang beredar. Memilukan jika sampai ada materi buruk beredar. Namun, begitulah semangat berbagi, mereka akan membicarakan baik-buruknya layanan produk yang ada.

Di era marketing 2.0, perusahaan tak bisa menghentikan konsumen membicarakan produknya. Menyakitkan memang, tetapi justru dari sini banyak peluang terbentang.

Jika mau berpartisipasi, strategi ini bisa mudah digunakan. Pesan bisa tersebar layaknya virus, inilah viral marketing yang telah membuat banyak perusahaan melek internet berjaya.


Lari ke internet

Sejak dulu para netter punya tradisi berbagi pengalaman pribadi atau mengulas produk. Ulasan atau komentar positif memang diyakini lebih efektif daripada iklan komersial.

Banyak orang terbantu dengan tulisan atau review orang lain. Membaca komentar orang lain sebelum membeli laptop kini sudah menjadi kebiasaan kita.

Orang-orang juga lari ke internet mencari segala sesuatu, misal terkait kesehatan. Konsumen makin pintar dan punya informasi yang dia peroleh dari membaca ulasan orang lain.

Jika komunikasi dokter bermasalah, ini bisa memicu iklan buruk dan siap-siap saja menuai komentar negatif.

Yakinlah, gugatan terhadap komentar negatif tak akan efektif memadamkan ”bola api liar” di internet.

Lalu, apa solusinya? Tak ada cara lain kecuali dengarkan dan berkomunikasilah. Bagaimana jika tak berhasil? Ingat kata dokter: lipat gandakan dosisnya.

Amir Sodikin

Sumber: kompas.com

_________________
... Salam persaudaran ...

EE ONE S

SMAK BJM 1970—1972
088-8872-8949, 081-2991-3951, 0251-8611-593
PARUNG. BOGOR | SAWANGAN. DEPOK 16518


Kembali Ke Atas Go down
 
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
X-SEMPAKA :: FORUM BEBAS :: Wawasan Pemandangan :: Sains dan Teknologi-
Navigasi: